Saturday, June 20, 2009

SAHABAT

by
RUFADI ISLAH


Sahabat merupakan tempat untuk menguatkan hati. Disaat susah maupun senangpun kita membutuhkan yang namanya sahabat. Didunia ini memang kita dilahirkan dari rahim ibu dengan mempunyai sifat-sifat yang berbeda-beda walaupun lahir kembar identikpun mempunyai perasaan atau isi hati yang berbeda pula. Sahabat merupakan tempat bersandar yang takkan goyah walaupun tertiup angin yang kencang sekalipun tetap masih tegak berdiri. Seandainya manusia diciptakan dengan tanpa membutuhkan satu sama lain pasti dunia ini takkan ada rasa saling kasih mengasihi yang ada hanya kefanaan.

Sering kita melihat banyak orang-orang yang lebih mempercayai seorang sahabat dari pada keluarga sendiri, orang tua sekalipun.
Sahabatku, janganlah dirimu berjanji kepadaku. Jangan pula bersumpah bahwa tidak ada yang bisa memisahkan persahabatan kita. Tetapi, ketika kecemburuan telah merayapi kita, ataupun ketika kedengkian kita yang menyeruak masuk dalam hati kita, dan atau ketika ada perselisihan terjadi diantara kita, jangan berikan ruang semua yang akan mencabik-cabik hubungan kita.

Sekarang jangan katakan padaku bahwa ketulusanmu lebih dalam dari samudera. Jangan pula berjanji engkau akan menyayangiku sepanjang hayatmu. Sebab, bisa jadi dikemudian hari keraguan akan menyelusup masuk ke dalam hatimu. Waspadalah! Jika kita berbeda dalam berpendapat tentang sesuatu hal, jangan engkau rendahkan pendapatku. Terimalah aku dengan kelapangan hatimu.

Sahabatku janganlah kau ucapkan kata-kata yang bergema, yang cepat menguap seiring dengan pergantian hari. Akan lebih baiknya bila engkau melindungiku dengan kepercayaanmu, dari pada berkali-kali kau perdengarkan ketelingaku kata-kata manismu. Percalah, jika kudapati dalam sikapmu kelembutan, kepercayaan, dan cinta, niscaya aku akan menjadi sahabat abadimu.
..........................0.......................

Seseorang menyimpan kata-kata yang lembut penuh arti dan baik, juga perasaan cinta, kasih sayang dan penghargaan didalam kotak hati yang terkunci rapat. Jika sahabat karib meninggal dunia, kata-kata tersebut dan perasaan ini mengucur deras pada si-mayit dari segala sisi. Bukankah lebih baik kalau ia mendenganr kata-kata itu sebelum dikebumikan?! Bukankah lebih baiknya lagi mengirimkan karangan bunga semasa hidupnya dari pada ditinggalakan begitu saja diatas pusaranya?!

Sahabat apakah aku salah mengucapkan terima kasih ketika kamu pergi meninggalakanku? Setelah kain kafan yang menutupi seluruh tubuhmu, apakah sudah terlambat untuk aku katakan terima kasih dan rasa cintaku pada kalian?. Jika engkau saksikan air mata berlinang dipipi sahabatmu ini, simpati atas tangisan, dan penderitaan yang kutanggung sendiri. Apakah aku berani menghadapi bahaya tanpa senjata, melainkan dengan hati yang dibalur dengan kepercayaan diri tanpamu?. Dan apakah aku mampu untuk menghadapi dunia ini sendirian?.

Sekarang kamu telah pergi jauh dan takkan kembali hanya kematiankulah kita bisa bertemu lagi, banyak kisah-kisah kita yang sedih, senang, bahagia dan duka bersama. Ingin aku apakan memori ketika bersamamu, ingin kulupakan namun banyak kisah yang tak bisa kulupakan, ingin kupaksa namun bayangmu seakan terus hadir dalam setiap lamunanku.

Merenungkanmu kini, menggugah hari-hariku yang telah sepi, berbagai kenangan berganti masa yang telah berlalu. Melukiskanmu lagi didalam benakku berlahan terbayang pasti akan garis wajahmu, yang dulu pernahku lihat.

Ada banyak hal yang ingin aku lakukan sekarang walau tanpamu, namun terasa hampa hati ini, kalau tidak ada dirimu yang hadir walaupun itu hanya sekedar ejekan ataupun makian karena kegagalanku, namun itu merupakan dorongan semangat bagi diriku untuk menjadi insan yang baik.

Hanya bunga ini saja yang aku bisa berikan kepadamu di atas pusaramu dan sepotong do’a kusisipkan dalam ibadahku kepada Allah SWT. Apakah pantas, apakah kamu tahu, dan apakah kamu telah menerima semua yang aku berikan.
Tunggulah dalam sisa waktuku didunia ini, insyaallah kita bertemu didalam surga.

Comments :

0 comments to “ SAHABAT ”


Post a Comment

Thanks for Your Comment!