Saturday, September 12, 2009

RAMADHAN BULAN ISTIMEWA

by rufadi islah
adi.islah@gmail.com


Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi kalangan muslim bukan saja di indonesia, namun merupankan bulan istimewa bagi semua umat muslim di dunia. Kita tahu selama setahun itu ada 12 bulan, dan Bulan Ramadhan adalah salah satunya dimana diwajibkannya bagi seorang muslim untuk beribadat berupa puasa selama satu bulan penuh, dari mulai sebelumnya matahari terbit, sampai matahari tenggelam, dan juga di bulan Ramadhan bukan saja hanya ibadah puasa yang di wajibkan, namun ada berbagai macam ibadah-ibadah yang harus kita lakukan sehingga membuat lengkap ibadah dan amal kita di bulan Ramadhan diantaranya adalah:

1.Kita harus berpuasa dengan benar, harus sesuai dengan ketentuan-ketentuan dan syarat sahnya orang berpausa, dan jangan pernah tidak berpuasa sehari pun tanpa alasan yang dibenarkan syariat. Meninggalkan puasa tanpa uzur adalah dosa besar dan tidak bisa ditebus meskipun orang itu berpuasa sepanjang masa. “Barangsiapa tidak puasa pada bulan Ramadhan sekalipun sehari tanpa alasan rukhshah atau sakit, hal itu (merupakan dosa besar) yang tidak bisa ditebus bahkan seandainya ia berpuasa selama hidup,” begitu kata Rasulullah SAW. (HR. At-Turmudzi). Dan juga perlu diingat bahwa kita harus menjauhi hal-hal yang dapat mengurangi dan menggugurkan nilai puasa. Inti puasa adalah melatih kita menahan diri dari hal-hal yang tidak benar. Bila hal-hal itu tidak bisa ditinggalkan, maka nilai puasa kita akan berkurang kadarnya. Rasulullah SAW. bersabda, “Bukankah (hakikat) puasa itu sekadar meninggalkan makan dan minum, melainkan meninggalkan perbuatan sia-sia dan kata-kata bohong.” (HR. Ibnu Hibban dan Ibnu Khuzaimah). Rasulullah SAW. juga berkata, “Barangsiapa yang selama berpuasa tidak juga meninggalkan kata-kata bohong bahkan mempraktikkanya, maka tidak ada nilainya bagi Allah SWT apa yang ia sangkakan sebagai puasa, yaitu sekadar meninggalkan makan dan minum.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2.Kita harus perbanyak bersodhaqoh, karena panutan kita, Rasulullah SAW, telah memberikan contoh untuk memberikan kebaikan dan kedermawanan pada bulan Ramadhan melebihi angin yang berhembus. Rasulullah SAW bersabda, “Seutama-utama shadaqah adalah shadaqah di bulan Ramadhan“. (HR. at-Tirmidzi). Dalam hal ini sodhaqoh bisa berupa :(a).Memberi makan. Para Salafus Shalih senantiasa berlomba dalam memberi makan kepada orang lapar dan yang membutuhkan. Nabi bersabda, “Siapa saja di antara orang muk-min yang memberi makan saudaranya sesama mukmin yang lapar, niscaya Allah akan memberinya buah-buahan Surga. Siapa saja di antara orang mukmin yang mem-beri minum saudaranya sesama mukmin yang haus, niscaya Allah akan memberinya minuman dari Rahiqul Makhtum“. (HR. at-Tirmidzi dengan sanad hasan). (b).Menyediakan makanan berbuka. Nabi bersabda, “Barangsiapa menyediakan makanan berbuka bagi orangyang berpuasa, niscaya ia akan mendapat pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun“. (HR. at-Tirmidzi, hasan shahih).

3.Perbanyaklah untuk membaca Al-Quran (Tilawah).
Al-Qur’an diturunkan perama kali di bulan Ramadhan. Maka tak heran jika Rasulullah saw. lebih sering dan lebih banyak membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan dibandingkan di bulan-bulan lain. Imam Az-Zuhri berkata, “Apabila datang Ramadhan, maka kegiatan utama kita selain berpuasa adalah membaca Al-Qur’an.” Bacalah dengan tajwid yang baik dan tadabburi, pahami, dan amalkan isinya. Insya Allah, kita akan menjadi insan yang berkah.

4.Shalat tarawih.
Ibadah sunnah yang khas di bulan Ramadhan adalah shalat tarawih (qiyamul ramadhan). Rasulullah SAW., karena khawatir akan dianggap menjadi shalat wajib, melaksanakan shalat tarawih berjamaah bersama para sahabat tidak sepanjang Ramadhan. Ada yang meriwayatkan hanya tiga hari. Saat itu Rasulullah SAW, melakukannya secara berjamaah sebanyak 11 rakaat dengan bacaan surat-surat yang panjang. Tapi, di saat kekhawatiran akan diwajibakannya shalat tarawih sudah tidak ada lagi, Umar bin Khattab menyebutkan jumlah rakaat shalat tarawih adalah 21 atau 23 rakaat (HR. Abdur Razzaq dan baihaqi).

5.Berdakwah
Selama Ramadhan kita punya kesempatan berdakwah yang luas. Karena, siapapun di bulan itu kondisi ruhiyahnya sedang baik sehingga siap menerima nasihat. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini. Rasulullah saw. bersabda, barangsiapa menunjuki kebaikan, baginya pahala sebagaimana orang yang mengamalkannya tanpa mengurangi pahala orang yang mengamalkannya sedikitpun. Jika mampu, jadilah pembicara di kultum ba’da sholat zhuhur, ashar, dan subuh di musholah atau masjid. Bisa juga menjadi penceramah di waktu tarawih. Jika tidak bisa berceramah, buat tulisan. Sebarkan ke orang-orang yang Anda temui. Jika tidak bisa, bisa mengambil artikel-artikel dari majalah, fotocopy, lalu sebarkan. Insya Allah, berkah.

6.I’tikaf atau tetap duduk di dalam masjid hingga terbit matahari.
Rasulullah bersabda, “Barangsiapa shalat fajar berjama’ah di masjid, kemudian tetap duduk berdzikir mengingat Allah, hingga terbit matahari lalu shalat dua raka’at (Dhuha), maka seakan-akan ia mendapat pahala haji dan umrah dengan sempurna, sempurna dan sempurna“. (HR. at-Tirmidzi, dishahihkan oleh al-Albani). Inilah amaliyah ramadhan yang selalu dilakukan Rasulullah SAW. I’tikaf adalah berdiam diri di masjid dengan niat beribada kepada Allah swt. Abu Sa’id Al-khudri meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pernah beri’tikaf pada awal Ramadhan, pertengahan Ramadhan, dan paling sering di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Sayangnya, ibadah ini dianggap berat oleh kebanyakan orang Islam, jadi sedikit yang mengamalkannya. Hal ini dikomentari oleh Imam Az-Zuhri, “Aneh benar keadaan orang Islam, mereka meninggalkan i’tikaf padahal Rasulullah tidak pernah meninggalkannya sejak beliau datang ke Madinah sampai beliau wafat.”

7.Mencari malam Lailatul Qadar
Ada bulan Ramadhan ada satu malam yang istimewa yaitu lailatul qadar, malam yang penuh berkah. Malam itu nilainya sama dengan seribu bulan. Rasulullah SAW amat menjaga-jaga untuk meraih lailatul qadar. Maka, Beliau menyuruh kita mencarinya di malam-malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Kenapa? Karena, “Barangsiapa yang shalat pada malam lailatul qadar berdasarkan iman dan ihtissab, maka Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” Begitu kata Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Bahkan, untuk mendapatkan malam penuh berkah itu, Rasulullah SAW mengajarkan kita sebuah doa, “Allahumma innaka ‘afuwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii.” Ya Allah, Engkaulah Pemilik Ampunan dan Engkaulah Maha Pemberi Ampun. Terutama pada malam-malam ganjil di akhir Ramadhan dengan memperbanyak do’a. Dan juga “Barangsiapa shalat di malam Lailatul Qadar karena keimanan dan mengharapkan pahala, niscaya akan diampuni dosanya yang telah lalu“. (HR. al-Bukhari dan Muslim). “Diampuni juga dosa yang akan datang“. (dalam Musnad ahmad dari ‘Ubadah).

8.Umrah di bulan Ramadhan.
Rasulullah bersabda, “Umrah di bulan Ramadhan sama seperti ibadah haji“. Dalam riwayat lain, “sama seperti menunaikan haji bersamaku“. (HR. al-Bukhari dan Muslim). Jika Anda punya rezeki cukup, pergilah umrah di bulan Ramadhan. Karena, pahalanya akan berlipat-lipat. Rasulullah SAW berkata kepada Ummu Sinan, seorang wanita Anshar, agar apabila datang bulan Ramadhan, hendaklah ia melakukan umrah, karena nilainya setara denagn haji bersama Rasulullah SAW. (HR. Bukhari dan Muslim).

9.Zakat Fitrah
Zakat fitrah wajib dibayarkan sebelum hari Ramadhan berakhir oleh umat Islam, baik lelaki-perempuan, dewasa maupun anak-anak. Tujuannya untuk mensucikan orang yang melaksanakan puasa dan untuk membantu fakir miskin.

10.Memperbanyak istighfar, dzikir dan do’a.
Terutama di saat sahur, berbuka, hari Jum’at, dan sepertiga malam terakhir sepanjang bulan Ramadhan.

"mari kita sambut bulan yang istimewa ini dengan ibadah dan kebaikan tingkah laku kita".

Sumber: http://www.dakwatuna.com/2007/amal-amal-selama-di-bulan-ramadhan/, http://mimbarjumat.com/archives/815, http://id.wikipedia.org/wiki/Ramadhan.

Comments :

0 comments to “ RAMADHAN BULAN ISTIMEWA


Post a Comment

Thanks for Your Comment!