Friday, November 27, 2009

Penyembelihan Hewan Kurban, 1430 H

Alhamdulillah tadi pagi selepas Sholat Idul Adha di SMA N 2 Sukoharjo ini, Kami pergi antara jam 08.00 sampe jam 11.00 WIB ke Masjid Al-Kautsar Mendungan, Sukoharjo-Solo.

Membantai sebanyak 9 ekor Sapi, dan juga 6 ekor kambing, begitu banyaknya hewan yang dikurbankan untuk tahun ini, karena kesadaran dari warga Mendungan sangat antusias sekali untuk selalu berkurban dari tahun ketahun.

Di sini banyak Bapak-bapak, Ibu-ibu, para mahasiswa, maupun anak-anak Mendungan yang membantu dalam pemotongan hewan Qurban ini.

Sudah sangat rapi sekali yang di persiapkan oleh pihak Panitia Penyembelihan Hewan Qurban.

Kami datang sudah ada alat potong (Pisau dan Kapak) maupun tikar, yang telah di persiapkan oleh pihak panitia pada malam takbiran sebelumnya dan di sana sudah ada plastik/tikar yang digunakan sebagai alas tuk tempat kami mengiris daging, dan beberapa balok kayu jati sebagai landasannya.

Saya dan Lilik, karena hanya kami berdua yang datang atas nama kos Al-Huda sebagai perwakilan.

Duh kok rame, banyak yang udah di potong lagi.

Aku cari kotak yang di dalamnya ada pisau belati dan ternyata tinggal belati yang besar-besar dan juga 2 kapak, bukan kapak merah lho,.......... Lilik ambil belati, sedang aku ambil kapaknya, biar kelihatan hebat gitu, hihihii.............. .

Ternyata tak dinyana dan tak diduga, bagianku adalah tulang Sapi yang harus kami belah kecil-kecil, duh,........ malang nasib tanganku,.............. sampai capek banget,.. ya namanya juga perjuangan, hanya ini yang aku bisa ku korbankan di Hari Qurban ini, dengan bercapek-capek memotong tulang yang tentu saja di butuhkan tenaga yang kuat.

Alhamdulillah semua sudah selesai terpotong semua dan sudah diberi plastik menurut warna, dan berapa berat isi Hewan Qurban dan setelah itu kami di persilahkan untuk menyantap daging berupa tengklenk (tulang rusuk yang di buat seperti gulai), duhhhh,.............. enaknya setelah kami bercapek diri, membanting tulang (kambing/sapi) juga berpeluh keringat.
Berkah juga bagi kami karena dipersilahkan mengambil 4 bungkus plastik untuk kami bawa pulang,........ senangnya malam ini kami bisa menikmati hidangan spesial,... yaitu sate kambing,.............. Alhamdulillah Ya Allah SWT, hambamu ini dapat menikmati daging.

Sampai dirumah kami memotongnya di bagi ada yang di sate dan ada yang di masak gulai,.............


Ya Allah SWT, semoga saja, amal perbuatan dari yang telah berkurban hari ini, akan Engkau selamatkan dari panasnya api neraka, Amin Ya Rabbal Alamin.

Comments :

1

Post a Comment

Thanks for Your Comment!