Wednesday, November 25, 2009

SEJARAH TAPAK SUCI

SEJARAH TAPAK SUCI

PRASEJARAH TAPAK SUCI
Tahun 1921 dalam konferensi P.M di Yogya bertemulah K.H. Busyro Syuhada (yang sebelumnya bernama Ibrahim), dengan kakak beradik Ahmad Dimyati dan Muhammad Wahid, kemudian K.H. Busyro syuhada diangkat menjadi guru.
Pada tahun 1925 dibuka perguruan Pencak Silat di Kauman dengan nama Perguruan Cikauman.

Perguruan Cikauman
Ilmu pencak silat Perguruan Cikauman tetap dari aliran Banjaran yang dikembangkan menurut kemampuan pendekar-pendekarnya yaitu Pendekar besar M. Wahit dan Pendekar besar A. Dimyati.
Dengan berdirinya perguruan Cikauman, aliran-aliran lain yang berada di kauman pudar, karena banyak murid-muridnya yang masuk ke perguruan Cikauman.
Tercatat sebagi murid angkatan pertama M. Juraimi, ke-2 M. Syamsuddin. Perguruan Cikauman mempunyai peraturan bahwa murid yang telah dinyatakan selesai menjalani pendidikan dan mampu mengembangkan pencak silat diberikan kuasa untuk menerima murid.
M. Syamsuddin diangkat sebagai pembantu utama dan diijinkan untuk menerima murid, selanjutnya mendirikan Perguruan Seranoman.

Perguruan Seranoman
Pada waktu itu Perguruan Cikauman mempunyai peraturan, tidak akan menerima murid langsung, tapi murid harus berguru dahulu ke perguruan Seranoman dan setelah dinyatakan lulus baru diterima menjadi murid Cikauman. Hasil didikan Perguruan Seranoman melahirkan seorang pendekar muda Moh. Zahid. Karena usianya yang terlalu muda maka tidak sempat mendirikan perguruan, tetapi sempat melahirkan seorang murid Moh. Barie Irsyad.
Pendekar Moh. Barie Irsyad sebagai murid angkatan ke-6 yang telah dinyatakan lulus dalam menjalani penempaan oleh pendekar M. Zahid, M. syamsuddin, M. Wahid dan A. Dimyati, bersama-sama dengan Pemuda Muhammadiyah mengadakan kegiatan pencak silat dengan mendirikan Perguruan Kasegu.

Perguruan Kasegu
Nama perguruan Kasegu tidak sesuai dengan nama tempat seperti nama perguruan sebelumnya, tapi nama Kasegu sesuai dengan senjata berlafal Muhammad yang diciptakan oleh Pendekar Moh. Barie Irsyad. Meskipun demikian gerakan anak murid Perguruan Kasegu banyak dikenal dengan sebutan Badai Selatan, mengingat kedudukan Perguruan Kasegu dan murid-muridnya berada di Kauman bagian selatan.

@ BERDIRINYA TAPAK SUCI
bermula dari desakan anak murid Perguruan kasegu kepada Pendekar Moh. Barie Irsyad agar dapat didirikan satu perguruan yang mengandung semua perguruan yang sejalur, maka lahirlah perguruan Tapak Suci.
Tapak Suci adalah amanat dari pendekar-pendekar perguruan kauman kepada generasi penerus bangsa untuk dipelihara, dibina dan dikembangkan dengan sebaik-baiknya.
Maka atas Rahmat dan Ridho Allah Subhanahu Wata’ala, pada tanggal 31 Juli 1963 bertepatan dengan 10 Rabiul Awwal 1383 H pukul 20.00 lahirlah Perguruan Tapak Suci secara resmi.

Comments :

0 comments to “ SEJARAH TAPAK SUCI ”


Post a Comment

Thanks for Your Comment!