Wednesday, December 16, 2009

Bukan Sekadar Marah Biasa



Dewasa ini banyak kejadian yang membuat seseorang bertindak tidak sesuai dengan kesadarannya, yaitu berbuat marah yang berlebihan.

Fenomena ini seringkali kita temukan di sekitar lingkungan kita, banyak orang cepat sekali dengan selalu melampiaskan kemarahannya terhadap seseorang yang belum tentu orang tersebut yang berbuat kesalahan terhadapnya.

Sebelumnya kita harus mengetahui definisi dari marah itu, marah adalah salah satu bentuk emosi yang dimiliki oleh seseorang, yang bersifat menghancurkan atau  membangun kehidupan seseorang.

Marah erat kaitanya dengan emosi seseorang, ketika emosi dikelola dengan baik, kekuatannya dapat membangun kehidupan seseorang menjadi lebih baik, tetapi begitu juga sebaliknya ketika emosi tidak dikelola dengan baik akan mengakibatkan kehancuran baik bagi dirinya maupun bagi orang lain.

Sekarang bagaimana cara kita mengelola kemarahan kita dari yang bersifat negative (merusak), ke hal yang bersifat positif (membangun).

Pertama, adalah kita harus “menyadari” bahwa sekarang ini kita sedang marah.

Pada posisi ini, seseorang harus mengendalikan dan mengelola kemarahannya agar tak berlebih, dan mulai merenungi kenapa bisa menjadi marah, penyebabnya kita cari dulu

Lalu pada tahap kedua, kita harus “memahami dan menerima” alasan kenapa kita marah.

Pada tahap kedua ini, kita harus lebih mengetahui latar belakang yang menyebabkan kita marah, tengok saja ketika seseorang berteriak keras kepada kita dengan berkata “awas,….!!!” tentu saja kita tak lantas menunjukkan gejala kesal bahkan marah, namun kita harus tahu apa yang menyebabkan seseorang berteriak, mungkin ada ular dibelakang kita atau sebuah kayu yang akan jatuh diatas kita yang tidak kita sadari sebelumnya.

Kemudian langkah ketiga, “mengelola atau mengekspresikan” amarah dengan tepat.

Pada langkah ketiga ini, kita punya alasan yang tepat, misalnya bukan hanya meluapkan emosi saja, akan tetapi juga demi pembelajaran bagi orang lain, kita dapat mengungkapkan kemarahan kita, sepanjang tidak menyakiti hati seseorang.

Sebenarnya ada beberapa Tips untuk seseorang tidak lekas marah jika menjumpai sesuatu yang kurang berkenan dihatinya, berikut tips-tips yang mungkin berfaedah;

  1. Tanyalah pada diri anda apakah marah ini baik bagi kita, atau malah menghancurkan wibawa kita didepan orang banyak,

  1. Jika kita akan marah, coba untuk mengambil nafas dalam-dalam lalu hembuskan pelan-pelan, jika perlu ambilah wudlu, karena akan membuat hati kita menjadi tenang, karena marah bersifat api, sedang untuk meredamnya harus dengan air,

  1. Rajinlah berolah raga untuk merileksikan otot syaraf kita, agar tidak terlalu tegang,

  1. Dan jika masih juga kita sulit untuk mengatasi kemarahan kita, sebaiknya konsultasikan dengan psikiater untuk mendapatkan solusi yang tepat,

Intinya adalah jangan terjebak pada kemarahan yang dapat merusak harga diri kita, tetapi manfaatkanlah kemarahan dengan cara yang tepat dan benar.

Sadari, pahami dan kelola dengan tepat emosi marah yang kita rasakan karena kemampuan ini adalah bagian dari kecerdasan emosi yang kita miliki.

Comments :

0 comments to “ Bukan Sekadar Marah Biasa ”


Post a Comment

Thanks for Your Comment!