Saturday, January 9, 2010

Berbagi "Kehangatan" Dengan Teman


Bulan Jaunari sudah datang membawa kesejukan (dingin) sehari-hari, karena musim di bulan Jaunari adalah musim penghujan, tentu saja udara dingin akan menyelimuti tubuh kita, bahkan akan membuat kita malas untuk beraktifitas.

Kemudian bagaimana cara dilakukan oleh seseorang agar tidak kedinginan (tetap hangat), dengan cara biasanya seperti berselimut, memakai baju yang tebal atau membuat api unggun.

Sebenarnya ada cara lain, yang dapat menghangatkan tubuh kita dengan membuat minuman tradisional, rahasia turun temurun nenek moyang bangsa Indonesia dulu, Apakah itu ?

Yaitu: “Wedang jahe”, yang sangat cocok diminum saat musim hujan seperti sekarang ini.


Disamping akan menghangatkan juga bagus buat menambah stamina tubuh biar lebih hangat.

Lantas apa hanya dengan wedang jahe kita puas diri, tentu saja tidak, harus ada sajian istimewa lain yang juga khas bagi orang Jawa yaitu: jagung bakar, pisang goreng, ketela goreng/bakar, atau gorengan/bakaran lainnya.

Sebenarnya apa kandungan tanaman jahe tersebut ??? Mari kita kaji bersama-sama, semoga bermanfaat !!!


Tanaman jahe yang memiliki nama latin Zingiber Officinale merupakan salah satu rempah - rempah penting, penelitian modern telah membuktikan secara ilmiah kasiat serta kandungannya antara lain:
     
# Membantu pencernaan, karena jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing - masing mencerna protein dan lemak.

# Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke dan serangan jantung. Gingerol juga diduga membantu menurunkan kadar kolesterol.

# menurunkan tekanan darah.karena jahe dapat merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, akibatnya darah mengalir lebih cepat dan lancar dan memperingan kerja jantung memompa darah.

# Mencegah mual, karena jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi, sehingga timbul rasa mual. Termasuk mual akibat mabok perjalanan.

# Membuat lambung menjadi nyaman, meringkankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin, Upsss,................!!!

# Jahe juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal di dalam tubuh.




Nah, begitu banyak kasiat dan kandungannya kan, Jangan lupa !!! Perlu diingat juga ketika kita berbagi "wedangan jahe" tersebut dengan teman-teman akan jauh lebih hangat dengan berbagi cerita dan canda tawa tentunya. Mau Berbagi ???

Comments :

2 comments to “ Berbagi "Kehangatan" Dengan Teman ”


Post a Comment

Thanks for Your Comment!