Monday, January 11, 2010

Kokok Ayam Jantan


Luqman Hakim berpesan, “Jangan sampai ayam jantan lebih cerdas darimu. Ia berkokok sebelum fajar, sementara kamu masih mendengkur tidur hingga matahari terbit”.

Bagaimana dengan Anda ??? Apakah merasa tersindir oleh ungkapan tersebut ??? Jangan marah !!! Kalau tersindir baiklah kita cari tahu akan INTI dari pesan diatas, inti pesannya yang tak lain adalah kita harus bangun pagi sebelum fajar (subuh), udara yang masih segar belum terkotori oleh polusi udara.

Salah satu syarat agar kita lebih awal bangun adalah dengan tidur lebih awal, serta perbanyak berolah raga, serta makan-makanan yang bergizi dan buah-buahan yang segar.


Mengapa kita harus bangun lebih pagi ??? Dikarenakan, bangun pagi sangat banyak manfaatnya serta bagaimana kita memanfaatkan untuk kesehatan yang antara lain akan kita bahas lebih lanjut lagi.

Salah satu aspek di dalam bangun pagi adalah udara yang masih segar dan tidak terlalu banyak terpopulai.

Pada pagi hari, menjelang fajar menyingsing, udara masih mengandung gas ozon yang baik untuk mencegah kerusakan paru-paru, menyumbatan pembuluh darah, memperlancar peredaran darah, meningkatkan kekebalan tubuh, terapi diabetes, asma, alergi, penyakit jantung, serta merangsang urat syaraf bekerja dengan baik.

Untuk menikmati udara pagi adalah dengan menghirup udara lewat hidung dalam-dalam untuk menyuplai oksigen ke otak serta hembuskan lewat hidung (usahakan dengan kondisi rilek), karena dengan suplai oksigen yang mencukupi, otak akan bekerja lebih baik.

Salah satu manfaatnya adalah mengurangi stress, yang diakibatkan oleh aktifitas kita yang padat, dan juga di pagi hari, otak memproduksi hormon yang membuat daya ingat lebih tajam, hormon tersebut memperbaiki kuantitas, kualitas dan daya guna sel-sel otak dengan cara meningkatkan pengantaran asam amino dari darah ke otak, hal itu membuat sel-sel syaraf di otak bisa menangkap informasi lebih cepat dan menyimpannya lebih lama.

Kesegaran udara pagi, hangatnya matahari dan suasana yang masih cukup tenang juga bisa membuat mood lebih baik.

Dan dengan menikmati suasana pagi yang segar, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang membuat suasana hati lebih baik, sehingga Anda bebas stres dan lebih semangat menghadapi tantangan hari itu.

Bagaimana dengan Anda ??? Apakah Anda mau kalah dengan Ayam Jantan yang bangun sebelum fajar !!!

Comments :

0 comments to “ Kokok Ayam Jantan ”


Post a Comment

Thanks for Your Comment!