Monday, March 14, 2011

Twitter On


Dua hari ini disibukkan dengan yang namanya twitter, sebenarnya sie saya tidak begitu jelas apa itu twitter, biar nanti tidak dikira kuper maka dua hari ini atau mungkin beberapa hari ini bakalan belajar yang namanya TWITTER yang banyak di bicarakan oleh orang lain selain Facebook (alasannya sie bosan dengan FB an, :P), sedikit mencari di mbah GOOGLE (yang kata orang paling pinter di dunia maya, selain saya di dunia nyata) akhirnya ketemu juga apa itu twitter, istilah-istilah yang dipakai serta bagaimana cara menggunakannya?


Twitter adalah Miniatur Blog (Mikro Blogging)
Mikro Blogging adalah sebuah update singkat tentang sesuatu (entah itu sebuah kejadian, yang sedang dijalani atau berita update) yang disajikan dalam karakter singkat, sehingga para pengikut (follower) anda bisa mengetahui apa, dimana atau sedang apa anda saat menulis status tersebut, secara singkat dan padat, tanpa perlu atau harus menjelaskan secara panjang dan lebar. Cukup subjek atau hal yang paling penting saja.

Twitter adalah sebuah Social Messaging
Dengan adanya kemampuan untuk mengikuti orang (Follow People) ataupun mempunyai pengikut (Follower) maka Twitter pun telah menjadi semacam social messaging, dimana kita bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang menjadi pengikut kita atau dengan orang yang kita follow. Dengan adanya Twitter kita bisa dengan cepat dan mudah berkomunikasi dan mengumpulkan orang atau teman-teman kita.

Twitter adalah Penyampai Berita Singkat nan Cepat
Kalau anda mem-follow orang-orang terkenal atau sebuah stasiun televisi misal CNN, maka andapun akan menerima berita terkini dengan singkat dan cepat, sehingga anda bisa terus uptodate dengan berbagai berita dan kejadian dari seluruh penjuru dunia lewat Twitter.

Lantas yang baru mengenal twitter (seperti saya) pasti binggung dikarenakan banyak istilah-istilah ataupun singkatan yang digunakan di twitter, karena twitter hanya membatasi 140 karakter dalam penulisan, berikut merupakan arti dari istilah tersebut

Tweet : Apa yang kita tulis (post) di Twitter, itu yang dinamakan Tweet, yang dalam Bahasa Indonesia, Tweet memiliki terjemahan kicauan, jadi kita berkicau layaknya burung (lihat lagi logo twitter).

Following : Artinya Anda akan menerima update status dari teman Anda orang tersebut.

Follower : Orang yang menerima update dari Anda.

@ : Fungsinya bisa untuk me-reply tweet teman, membuat link kepada nama yang dimaksud

ReTweet (RT), artinya mengulang, menulis kembali apa yang ditulis seseorang, bisa jadi karena kata-kata tersebut Indah. RT ditambahkan pada tweet diikuti dengan @(username) ditambah dengan kata-kata yang ingin anda ulang.

Hash Tags (#): berguna agar pengguna lain yang melihat bisa mencari topik sejenis yang ditulis orang lain dengan mudah. Misal #FollowFriday , #Blogging dll

#FollowFriday : adalah tradisi setiap hari Jumat dimana Anda dapat merekomendasikan orang lain untuk menjadi follower dari teman Anda yang menyenangkan. Silahkan tulis @(namatemanAnda) yang Anda rekomendasikan pada tweet Anda.

TrendingTopics (TT): Apa topik yang sedang dibicarakan banyak orang? Lantas bagaimana suatu tweet bisa menjadi Trending Topics? biasanya karena banyaknya orang yang menggunakan #(topikyangdibicarakan) pada tweetnya. Semakin banyak orang yang membicarakan topik yang sama dengan Anda, semakin lama topik tersebut bertahan pada Halaman depan Twitter dan dilihat oleh seluruh dunia.

OverHeard (OH): artinya Anda mendengar (melihat) tweet milik orang lain yang sangat menarik, tetapi Anda tidak ingin menyebutkan siapa yang menulis tweet tersebut. (Berbeda dengan RT yang menyebutkan sumber tweet).

Heard Trough (HT): apabila anda tiba-tiba teringat dengan kata-kata menarik yang diucapkan teman Anda kemarin. Anda dapat menulisnya pada tweet dengan HT (singkatan Heard Trough). HT berbeda dengan RT, karena HT adalah kata-kata yang Anda dengar pada kehidupan nyata.

Yang perlu diperhatikan adalah kita bisa mengikuti (following) siapa saja, tapi jangan bingung jika ada simbol seperti “Gembok” disamping nama orang yang akan kita follow yang berarti bahwa orang tersebut tidak sembarang menerima Follower karena alasan-alasan tertentu (misal: takut di follow spammer atau menghindari follower yang memakai gambar profil kurang sopan, jadi harus hati-hati).

Sekarang Twitter membatasi penggunanya hanya dapat memfollow 2000 orang, dan hanya 140 karakter, jadi gunakan sedikit tersebut senyaman mungkin, jangan lupa add follow saya di @rufadi.


@rufadi



bersambung



Comments :

0 comments to “ Twitter On ”


Post a Comment

Thanks for Your Comment!