Friday, July 17, 2009

Sekedar mimpi atau cita-cita,….?????







Merupakan pertanyaan dasar tentang kesunyian malam ini yang hanya kilauan bintang yang tentu terang menghias gelapnya langit malam hari. Namun tidak dengan suasan hatiku yang masih ragu tentang tanya hatiku siang hari tadi. Tanya hatiku sebenarnya sederhana saja, antara mimpi dengan kenyataan yang mesti kujawab untuk menenangkan tidurku malam ini nanti. Kuselami arti kata tersebut dan mulaiku artikan dengan segala isi pikiranku selama ini.

Menurutku Mimpi merupakan kisah yang hanya terjadi di dalam tidur semata, dimana kesadaran yang kita rasakan tidak ada dalam kenyataan (dunia), akan tetapi mimpi hanya berupa bayangan semu tentang suatu cerita dalam tidur. Sebaliknya cita-cita merupakan khayalan seseorang dalam dunia nyata yang menghadiri dalam segala tujuan hidup yang ingin dicapai. Kaitan mimpi dengan cita-cita hanya terpaut akan satu hal yaitu terkait dengan keinginan seseorang untuk berbuat diluar dari kenyataan yang sudah di lakukan.

Kumulai ragu dan kumulai tidak percaya akan jawabanku tadi, dan kumulai menyesalkan tentang, Mengapa diriku ini jauh akan ilmu yang sekarang malah menjerumuskanku pada pikiran-pikian yang tak tentu arah maupun dimana muaranya. Tentang mimpi saja aku kurang paham cara mengartikannya, dan tentu saja dengan cita-cita itu juga arti sebenarnya akupun tidak mengetahuinya,…hanya malam yang sunyi ini aku curahkan, mungkin desir udara yang bisa menjawabnya dan teorema pikiran yang sempit ini yang akan menerawang jauh dijauhnya tingkat pengetahuanku.

Sudah lama aku berpikir tentang pertanyaanku tadi yang terus mengelora pada siang hari ini, yang tentu saja belum kudapatkan jawabannya pada malam, petang, dan sunyi ini..

“Uhhhh, ………….”. Keluh dan kesahku seakan menghantui pikiran sempitku.

“Mengapa bisa dan mengapa terjadi itu suatu hal yang mesti kutanyakan sekarang dalam hati ini”, Pikirku dalam hati.

Suara angin yang mengalunkan kemerduan yang sangat membuat hati ini tenang serta kesadaranku dari kepayahan aktifitasku pagi hari ini, mulai terusik akan hadirnya Tanya batinku itu.

Kurenungi dalam-dalm dan kumulai mencari pola dari pertannyaanku tadi. Dan batinkupun berpikir tentang banyaknya yang sudah terjadi lantaran dari hasil mimpi maupun cita-cita,. Banyak orang yang mampu merubah dunia dari sekedar wujud mimpi yang maya itu. Dan dari keingginan seseorang akibat dari dalamnya cita-cita tersebut.

Diriku merupakan seorang yang tak tahu apa itu mimpi dan apa itu cita-cita aku kira selama ini mimpi dengan cita-cita itu saling berkaitan erat, kubuka kamus hitam yang bertuliskan kamus lengkap bahasa Indonesia mulai kubuka dan kuurutkan kata tersebut secara pasti. Dan kutemukan hakikat mimpi itu:
Mimpi adalah pada yang kelihatan atau yang dialami dalam angan-angan pada ketika tidur; memimpikan: mencita-citakan: mengharapkan, biasanya yang bukan-bukan dan kucari apa itu cita-cita, angan-angan, pikiran, kehendak, dan harapan dalam hati. (Drs. Suharso, 2005: 322).

Aku mulai mengerti apa alur dari jawaban yang ingin kucari, cita-cita hampir sama dengan mimpi yang tak lain adalah sesuatu yang diinginkan, diharapkan, dan dikehendaki oleh seseorang.

Dan akhirnya kutanyakan dari hatiku apa mimpi dan apa cita-citaku. Mimpiku tidak serumit dari yang orang kira, mimpi hanya untuk hidup bahagia dan tentu saja hidup sederhanalah yang bisa melanggengkan mimpi-mimpiku tersebut. Dan cita-citaku selama ini dapat mengetahui hakikat dari apa yang terjadi berkaitan dengan alam raya inilah yang ingin kumengerti. Itu mimpi serta cita-citaku, semoga saja apa yang ingin kuimpikan dan kucita-citakan dapat kugenggam walaupun seperti menggengam butiran pasir, namun dengan sekuat tenagaku butiran pasir itu takkan tumpah semua.

Comments :

0 comments to “ Sekedar mimpi atau cita-cita,….????? ”


Post a Comment

Thanks for Your Comment!