Sunday, January 10, 2010

Antara Perkembangan Globalisasi Dengan Budaya Bangsa



"Globalisasi dinilai ikut menjadi penyebab banyaknya bahasa daerah hampir punah, terutama dari wilayah Indonesia timur, Indonesia tengah, dan sebagian Sumatera".

Itu adalah sepenggal artikel di Koran "ibu kota" tentang dampak Globalisme.

Mari kita kaji lebih lanjut tentang Globalisme tersebut, menurut artinya, dan dampak (positif dan negatif) yang diakibatkan oleh perkembangan Globalisme, serta langkah apa yang baik untuk mengantisipasi dampak negatife dari Globalisasi. 

Pengertian Globalisasi;

Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu Negara menjadi bias.

Secara terminologi Kata "globalisasi" diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal, di sisi lain, ada yang melihat globalisasi sebagai sebuah proyek yang diusung oleh negara-negara adikuasa, sehingga bisa saja orang memiliki pandangan negatif atau curiga terhadapnya.

Dari sudut pandang ini, globalisasi tidak lain adalah kapitalisme dalam bentuknya yang paling mutakhir .

Negara-negara yang kuat dan kaya praktis akan mengendalikan ekonomi dunia dan negara-negara kecil makin tidak berdaya karena tidak mampu bersaing. Sebab, globalisasi cenderung berpengaruh besar terhadap perekonomian dunia, bahkan berpengaruh terhadap bidang-bidang lain seperti budayaa dan agama. 

Orang pertama menggunakan istilah Globalisasi adalah ”Theodore Levitte” di tahun 1985.

Kehadiran globalisasi tentunya membawa dampak bagi kehidupan suatu negara termasuk Indonesia. 

Dampak tersebut meliputi dua sisi yaitu ”dampak positif” dan ”dampak negative” di berbagai bidang kehidupan seperti kehidupan politik, ekonomi, ideologi, dan sosial budaya . 

Dampak Globalisasi

Dampak positif globalisasi

1.      Dilihat dari globalisasi politik, pemerintahan dijalankan secara terbuka dan demokratis. Karena pemerintahan adalah bagian dari suatu negara, jika pemerintahan djalankan secara jujur, bersih dan dinamis tentunya akan mendapat tanggapan positif dari rakyat. 

2.      Dari aspek globalisasi ekonomi, terbukanya pasar internasional, meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan devisa negara. 

3.      Dari globalisasi sosial budaya kita dapat meniru pola berpikir yang baik seperti etos kerja yang tinggi dan disiplin dan Iptek dari bangsa lain yang sudah maju untuk meningkatkan kemajuan bangsa


Dampak negatif globalisasi

1.      Globalisasi mampu meyakinkan masyarakat Indonesia bahwa liberalisme dapat membawa kemajuan dan kemakmuran. 

2.      Dari globalisasi aspek ekonomi, hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyaknya produk luar negeri (seperti Mc Donald, Coca Cola, Pizza Hut,dll.) membanjiri di Indonesia. 

3.      Mayarakat kita khususnya anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, karena gaya hidupnya cenderung meniru budaya barat yang oleh masyarakat dunia dianggap sebagai kiblat. 

4.      Mengakibatkan adanya kesenjangan sosial yang tajam antara yang kaya dan miskin, karena adanya persaingan bebas dalam globalisasi ekonomi. Hal tersebut dapat menimbulkan pertentangan antara yang kaya dan miskin. 

5.      Munculnya sikap individualisme yang menimbulkan ketidakpedulian antarperilaku sesama warga, dengan adanya individualisme maka orang tidak akan peduli dengan kehidupan sekitarnya.

Berikut adalah contoh nyata dari dampak (negatife) globalisme bagi Bangsa; 

Ada beberapa bahasa daerah yang sudah dinyatakan punah oleh pemerintah dengan kriteria-kriteria sebagai berikut;

Suatu bahasa dinyatakan hampir punah apabila pengguna maupun yang menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari maksimal hanya 200 orang.


Sangat mengerikan memang bagaimana hasil budaya bangsa dapat terkikis oleh perkembangan Globalisasi tersebut.

Mungkin karena; "rasa lebih bangga menggunakan bahasa asing". 

Langkah-langkah untuk mengantisipasi dampak Negatif Globalisasi;


1.      Menumbuhkan semangat nasionalisme yang tangguh, misal semangat mencintai bahasa daerah dalam negeri.

2.      Menanamkan dan mengamalkan nilai- nilai moralitas bangsa yang berbudaya dengan sebaik- baiknya.

3.      Ini yang langkah yang paling penting; harus selektif terhadap pengaruh globalisasi di bidang politik, ideologi, ekonomi, sosial budaya bangsa.


Comments :

0 comments to “ Antara Perkembangan Globalisasi Dengan Budaya Bangsa ”


Post a Comment

Thanks for Your Comment!