Friday, January 15, 2010

Gempa 7,0 skala Richter, Mengguncang Haiti




Gempa bumi Dahsyat terjadi pada hari Selasa yang merupakan gempa paling kuat mengguncang Haiti dalam lebih dari 200 tahun, yang merobohkan istana presiden serta rumah-rumah perbukitan.

Gempa tersebut berkekuatan 7,0 Skala Richter dan pusatnya hanya 16 kolometer dari Port-au-Prince, ibukota Haiti.

Sekitar empat juta orang tinggal di kota itu dan daerah sekitarnya, dan banyak penduduk tidur di luar rumah di tanah, jauh dari dinding-dinding bangunan yang melemah, sementara gempa-gempa susulan yang berkekuatan 5,9 mengguncang kota itu sepanjang Selasa malam hingga Rabu.

Dari berbagai kalangan telah memperediksikan berapa jumlah korban yang telah meninggal maupun yang masih selamat namun luka-luka, seperti Palang Merah Internasional mengatakan sebelumnya, jumlah kematian akibat gempa Selasa itu bisa mencapai 45.000 hingga 50.000, dan tiga juta orang terluka atau kehilangan tempat tinggal.


Pihak kepolisian setempat (Haiti) masih terus mengevakuasi dan membawa jasad korban ke kendaran-kendaraan yang sudah dipenuhi mayat.

Sementara di ibukota Haiti sendiri keadaannya sangat miris banyak bangunan yang hancur akibat gempa tersebut, serta mayat-mayat bisa dilihat di bawah puing-puing, bergeletakan di sisi jalan, atau menumpuk di kendaraan-kendaraan.

Comments :

0 comments to “ Gempa 7,0 skala Richter, Mengguncang Haiti ”


Post a Comment

Thanks for Your Comment!