Sunday, February 19, 2012

Outbond



Apa yang didapatkan oleh orang lain ketika mengikuti kegiatan outbond, apapun lembaganya mau lembaga pendidikan untuk mendidik anaknya lewat kemampuan atau pengenalan alam, maupun pihak instansi Negara atau bahkan Swasta yang ingin menjajal keberanian diri untuk menikmati pemandangan, udara, ataupun refreshing sejenak setelah banyak aktifitas di sekolah atau tempat kerja.


Sebenarnya kegiatan outbond tersebut banyak membantu bagi kita semua untuk saling memberikan rasa kepada yang lain dari rutinitas kehidupan yang tengah kita lakukan sehari-hari begitu membosankan, karena dengan kita mengikuti outbond tersebut kita memiliki jiwa mudah bersosialisasi dengan kerja kelompok, kepemimpinan (leadership) dengan cara memberikan maupun menjadi ketua regu yang bertanggung jawab atas keselamatan anggota kelompok, menyiapkan strategi untuk kemenangan, ataupun memberikan rasa percaya kepada setiap anggota untuk menjalani aktifitas yang berbau petualangan ini.

Yang paling dibutuhkan untuk mengikuti kegiatan outbond ini adalah komunikasi yang baik antar anggota kelompok, karena jika komunikasi terbengkalai akan mengakibatkan segala role (peran) yang menjadi target kemenangan menjadi jauh. Bukan saja kepandaian seorang pemimpin saja yang harus banyak-banyak mengatur strategi kemenangan, namun juga anggota kelompok harus menghormati segala kebijakan pemimpin agar kegiatan outbond ini menjadi menyenangkan. Begitu juga seorang pemimpin kelompok harus mengetahui karakter-karakter masing-masing anggota dengan cara memberikan perintah yang jelas sesuai dengan kemampuan anggota, mudah dipahami tidak membinggungakan, dan juga tidak salah peran misalnya seorang anggota dengan keterbatasan kemampuan raganya maka jangan sampai memberikan perintah yang berat-berat, seperti si-B mengangkat si-A yang jauh lebih besar badannya, ataupun ada anggota dengan pobia ketinggian harus diperintahkan memanjat pohon.

Dan yang paling berperan dalam aktifitas outbond ini adalah seorang panitia yang mempunyai peran sebagai penyelenggara. Seorang panita yang professional harus mempersiapkan segala keperluan menyangkut segala kebutuhan seperti kebutuhan akan logistic; makan dan minum agar tidak dehidrasi atau asam lambung peserta naik, ataupun alat-alat berat seperti tenda jika menginap, maupun tali-tali yang memang dipergunakan khusus untuk kegiatan outbond, dan juga dipersiapkan P3K jika ada accidence (kecelakaan) yang tidak terduga; terpeleset, jatuh maupun sakit yang diderita peserta kambuh pada saat acara outbond berlangsung, yang menjadi catatan dalam hal obat-obatan adalah pihak panitia harus mengkorfirmasi dahulu kepada peserta dan peserta harus jujur jika mempunyai penyakit tertentut ataupun pobia atas sesuatu.

Dengan melakukan outbond ini diharapkan para peserta memiliki tingkat percaya diri tinggi, jiwa kepemimpinan (leadership), problem solving (pemecahan masalah) yang bagus, dan juga komunikasi yang jauh lebih baik, dan perlu diingat sebelum acara outbond ini berakhir harus ada evaluasi, masukan-masukan, atau saran-saran kepada peserta maupun panitia penyelenggara agar permainan tersebut tetap berkesan, dan mempunyai arti yang mendalam.

   

Comments :

4 comments to “ Outbond ”

I think that what you published was actually very reasonable.

But, consider this, suppose you typed a catchier post title?
I ain't saying your information isn't solid, but suppose
you added a title that makes people want more?
I mean "Outbond" is a little plain. You could look
at Yahoo's home page and see how they create post titles to get viewers interested. You might try adding a video or a related pic or two to get readers interested about what you've written.
Just my opinion, it would bring your blog a little bit more interesting.



My blog post ... Rent Houses kirkcaldy (fife)

Anonymous said...
on 

Fine way of explaining, and fastidious article to
obtain facts on the topic of my presentation topic, which i am
going to present in university.

Feel free to visit my page ... http://www.propertywide.co.uk/buy/search/deal-kent/flat/

Anonymous said...
on 

This is a topic that's close to my heart... Many thanks! Where are your contact details though?

My weblog :: my Sources

Anonymous said...
on 

thanks a lot for your idea to give me some tips,
ok, in the next articles, i can give it the video (youtube.com, maybe, or else)

rufadi said...
on 

Post a Comment

Thanks for Your Comment!