Monday, May 28, 2012

Anak bertengkar


Pertengkaran pada anak akan membuat perbedaan pendapat satu sama lain akan menjadi berbeda secara nyata.


Bagi orang tua pertengkaran ini apa bila disikapi dengan baik maka akan menjadikan suatu kesempatan bagi orang tua untuk memperkenalkan keragaman perbedaan dan pendapat sejak anak masih kecil.
Ada beberapa langkah untuk upaya mengatasi pada saat anak bertengkar;

1.       Langsug pisahkan
Langsung hentikan pertengkaran mereka, tanya pada salah satu anak apa yang sedang terjadi. Jangan berpihak pada salah satu anak, biarkan mereka bercerita, terus saat anak selesai bercerita  pastikan bahwa kita tidak akan mentoreril adanya saling teriak antar mereka.

2.       Ajarkan manajemen konflik
Setelah pertengkaran usai, ajarkan untuk saling meminta maaf dan memaafkan dengan cara bersalaman satu sama lain.

3.       Bersikap adil
Jangan berpihak, jangan percaya bahwa yang menangis itu adalah yang harus dibela, dan jangan menyalahkan anak yang lebih tua, seakan-akan dia selalu menjadi orang yang paling jahat.

4.       Jadilah tempat mereka menanamkan cinta dan kepastian
Berikan pemahaman untuk anak yang kecewa dan kata-kata yang menangkan untuk anak yang frustasi, dan jangan marah, karena jika kita memarahi mereka, kita hanya akan membuat masalah memburuk dan mereka menjadisemakin tertekan.

5.       Kembangkan budaya kasih sayang dalam keluarga
Bukan kata-kata dari orang tua yang mereka butuhkan, namun sikap orang tua yang saling menghormati dan menyayangi anggota keluarga yang lain, dengan begitu anak akan belajar, karena nasehat saja kurang cukup.

Penyelesaian pertengkaran pada anak yang baik akan melatih kepekaan untuk saling menghormati perbedaan dan pemahaman karena anak-anak masih belajar terutama menghadapi konflik.


Reff: Majalah Nova, 17/05/12


Comments :

0 comments to “ Anak bertengkar ”


Post a Comment

Thanks for Your Comment!