Thursday, May 2, 2013

Kecemasan anak menghadapi ujian



Banyak anak mengalami kecemasan saat sebelum diselenggarakannya ujian maupun saat menghadapi ujian yang bersifat resmi baik itu diselenggarakan oleh pihak sekolah, pemerintah daerah, maupun pemerintah pusat.

Kecemasan ini diakibatkan oleh banyak faktor salah satunya anak merasa tegang karena kurangnya motivasi, latihan soal yang belum memadai, atau pun faktor dari luar anak berupa desakan dari orang tua untuk mendapatkan nilai yang mengharuskan baik dan sempurna.

Timbullah berbagai dampak yang sangat beragam; ada yang sakit ringan sampai ada anak yang terkena stroke (lumpuh) dan juga berdampak baik pada motivasi belajar siswa yang lebih giat lagi berupa orang tua mengupayakan kursus bagi anaknya diberbagai bimbingan maupun les private, sehingga hanya teori saja yang dipelajari.

Bagi anak yang kurang motivasi, anak merasa makin tidak mempunyai harapan atas keberhasilan mendapatkan kelulusan dan menjadi patah semangat, karena kecemasan yang berlebihan akan mempengaruhi prestasi.

Meskipun sekarang ini berbagai terapi dengan cara hipnotis (hypnotherapy) dan cara mengontrol kekhawatiran dengan bantuan alat tertentu (biofeedback) dapat efektif dalam menghilangkan kecemasan pada beberapa anak, akan tetapi untuk mengurangi kecemasan pada anak yang lebih baik dengan memberi latihan soal dan memperbaiki tes latihan mereka secara terus-menerus dan terencana menjawab pertanyaan dalam berbagai cara dan juga membiarkan mereka berfikir kreatif, merencanakan tes, sehingga akan menjadikan anak siap dan juga lebih percaya diri dalam menghadapi ujian.


reff: by Sylvia Rimm, "Why Bright Kids Get Poor Grades"



Comments :

0 comments to “ Kecemasan anak menghadapi ujian ”


Post a Comment

Thanks for Your Comment!