Tuesday, December 3, 2013

Keunikan Manusia


Keunikan Manusia

Masing-masing manusia yang hidup itu membawa keunikan sifat yang berbeda-beda, karena Rasulullah SAW pernah bersabda, “Setiap orang diciptakan menurut bakatnya masing-masing.”


Allah SWT menciptakan manusia sesuai dengan keunikannya. Dalam surat Al Hujarat: 13. “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Hidup itu unik, lebih menyenangkan, lebih bahagia, dan lebih sempurna jika dapat mengetahui keunikan-keunikan yang ada dalam diri sendiri maupun orang lain.

Memotivasi diri untuk menemukan keunikan diri maupun orang lain melalui belajar mengenal, bertetangga, tidak menutup diri, dan mau bermasyarakat, sehingga menjadikan hidup lebih lengkap karena manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang tanpa satu sama lainnya harus saling mengenal ibarat sebatang kayu dipadang pasir, akan terasa aneh jika kita hidup sendiri dalam dunia yang diciptakan oleh Allah sesempurna ini.

“Seorang mukmin yang bergaul dengan banyak orang, lalu ia bersabar dengan tindakan mereka yang menyakitkan hati, maka itu lebih baik dari pada orang yang tidak pernah bergaul dengan orang banyak dan ia tidak bisa bersabar dengan tindakan mereka yang menyakitkan”, (HR Ahmad)

Jikalau ada seseorang yang mengejek, cukup bersabar menghadapinya dan katakan, “Kalau yang kamu katakana tentang diriku benar, semoga Allah SWT mengampuniku, kalau yang kamu tuduhkan itu salah, semoga Allah SWT mengampuni dan meramatimu.”




Reff: Zero to Hero, Solikhin Abu Izzudin 

Comments :

0 comments to “ Keunikan Manusia ”


Post a Comment

Thanks for Your Comment!