Thursday, January 21, 2010

Applied Cognitive Psychology Journal


Psikolog Mampu Deteksi Kebohongan Lewat Tulisan, ini berkat sejumlah tim dari University of Haifa yang telah berhasil menggunakan alat yang mengkomputerisasi tulisan tangan, sehingga kebohongan bisa terdeteksi.dengan hanya membaca "kebohongan" lewat tulisan tangan.

Dengan beberapa penelitian, Peneliti meminta partisipan untuk menuliskan suatu hal atau sebuah cerita di atas kertas, (partisipan bebas menulis cerita bohong atau cerita asli).

Seterusnya, dengan menganalisa hasil tulisan tersebut, maka peneliti bisa mengetahui partisan mana yang menulis cerita asli dan partisan mana yang menulis cerita palsu.

Sebenarnya, ada perbedaan karakteristik tulisan orang jujur dan orang yang berbohong.

Menurut peneliti, tulisan yang besar-besar dan terlalu menekan kertas adalah tipe tulisan seorang pembohong.

Studi yang dipublikasikan dalam Applied Cognitive Psychology Journal ini menunjukkan bahwa analisa kebohongan lewat tulisan bisa dijadikan alternatif untuk melengkapi atau mengganti beberapa metode pendeteksi kebohongan lainnya yang sudah ada.

Nah sekarang dengan Anda yang "hobi" berkata bohong, bagaimana teknlogi sudah canggihkan, masih mau berbohong lagi ???? Dan untuk para koruptor kayaknya alat ini layak untuk Anda, biar kita tahu sejauhmana Anda menyengsarakan rakyat Anda sendiri !!!!!

"Mulut bisa saja berbohong, tapi kadang "gesture" tubuh tidak bisa menutupinya".

Comments :

2 comments to “ Applied Cognitive Psychology Journal ”


Post a Comment

Thanks for Your Comment!