Thursday, April 14, 2011

Manfaat Kopi



Mengurangi resiko diabetes. 20 studi yg dilakukan menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Para peneliti menduga penyebabnya adalah asam klorogenik di dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dlm pencernaan. Asam klorogenik jg merangsang pembentukan GLP-1, zat yg meningkatkan insulin (hormon utk mengatur penyerapan gula ke dlm sel). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa.

Mengurangi Resiko Kanker. Riset secara konsisten menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko kanker hati, payudara dan usus besar.

Melindungi Sirosis (penyakit hati), terutama sirosis karena kecanduan alkohol.

Mencegah penyakit saraf. Kandungan antioksidan di dalam kopi akan mencegah kerusakan sel yang dihubungkan dengan Parkinson. Sedangkan kafein akan menghambat peradangan di dalam otak, yang kerap dikaitkan dengan Alzheimer.

Mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Sebuah studi atas lebih dari 83.000 wanita berusia lebih dari 24 tahun. Mereka yg minum 2 - 3 cangkir kopi sehari memiliki resiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan yg tdk minum kopi.

Menghambat penurunan fungsi kognitif otak. Hasil Studi atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Perancis. 

Meminum setidaknya 3 cangkir kopi sehari dpt menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33% pd wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein.

Kopi sebagai pembangkit stamina. Mekanisme kerja kafein dalam tubuh adalah menyaingi fungsi adenosin. Adenosin adalah salah satu senyawa yang dalam sel otak bisa membuat orang cepat tertidur. Kafein tidak memperlambat gerak sel tubuh. Kafein akan membalikkan semua kerja adenosin sehingga tubuh tidak lagi mengantuk. Efek Kafein: muncul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik. Efek Kafein: otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yg akan membentuk energi ekstra.

Kopi dpt mengatasi selulit, muncul krn timbunan lemak yg mendesak ke jaringan epidermis yg pembatasnya terbuka krn rusak. Selulit bisa diakibatkan karena kurangnya asupan air minum, jarang olahraga, masalah pencernaan/sembelit, stress, polusi, dll. Tips mengatasi selulit : Siapkan 2 cangkir bubuk kopi, ½ cangkir gula atau garam laut, dan 2-3 sendok teh minyak pijat. Lalu campurkan semua bahan dalam mangkok dan oleskan dibagian yang terdapat selulit, lakukan pijatan dengan gerakan memutar.

Kopi dapat mencegah kerusakan gigi. Kafein mempunyai kemampuan antibakteri dan antilengket. Sehingga kopi dapat mengurangi jumlah bakteri penyebab lubang gigi, yang biasanya menggerogoti lapisan gigi.

Kopi dpt mencegah kanker mulut. Minum kopi secangkir setiap hari terbukti dpt mencegah risiko kanker mulut hingga separuhnya.

Senyawa yang ditemukan di dalam kopi juga dapat membatasi pertumbuhan sel kanker.

Kopi dapat membantu meningkatkan kualitas sperma. Dalam jurnal hasil konferensi American Society for Reproductive Medicine. Kandungan kafein kopi menyehatkan dan memperbaiki sperma dlm proses In-vitro fertilisation, metode pembuahan di luar rahim.

Kopi dapat mencegah batu empedu. Batu empedu tumbuh ketika lendir di kantong empedu memerangkap kristal-kristal kolesterol. Xanthine di kafein, akan mengurangi lendir & risiko penyimpanannya. 2 cangkir kopi / lebih setiap hari akan sangat membantu.

Kopi dapat menurunkan risiko kanker payudara. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di The Journal of Nutrition. Menjelang masa menopause, wanita yg mengonsumsi 4 cangkir kopi sehari mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 38%. Kopi melepaskan phytoestrogen dan flavonoid yang dapat menahan pertumbuhan tumor.

Kopi dpt mencegah kangker kulit. Konsumsi 2-5 cangkir kopi setiap hari dpt menurunkan risiko kanker kulit hingga 17%. Kafein dapat memacu kulit untuk membunuh sel-sel prakanker, dan juga menghentikan pertumbuhan tumor.

Kopi dpt mengurangi sakit kepala. Penelitian menemukan kafein yg terdapat dlm kopi sanggup menolong mengobati sakit kepala. Seimur Diamond, M.D, dari Chicago’s Diamond Headache Clinic: migrain ringan dapat disembuhkan dengan secangkir kopi pekat.

Kopi dpt melegakan napas pada penderita asma. Kafein yg terkandung di dalam kopi dapat melegakan napas pada penderita asma. Kafein bekerja dengan cara melebarkan saluran bronkial yang menghubungkan kerongkongan dengan paru-paru.

Kopi dapat mencegah osteoporosis. 2 cangkir kopi atau lebih per hari dapat mengurangi risiko terkena osteoporosis.

Kopi dpt meningkatkan daya ingat. Minum kopi sblm test daya ingat menunjukkan perkembangan signifikan dibanding tdk minum kopi.

Kafein dapat menangkal radikal bebas dan menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA.






Comments :

0 comments to “ Manfaat Kopi ”


Post a Comment

Thanks for Your Comment!