Tuesday, February 9, 2016

VISITING at HOLTIMART and CHIMORY

Kegiatan PPL Kelas II semester 2 SD Muhammadiyah Program Khusus Surakarta dilaksanakan pada hari Kamis, 15 Oktober 2015. Berikut adalah rangkaian kegiatan yang telah dilaksanaka pada hari tersebut.
 
Siswa berkumpul di Hall SD Muhammadiyah Program Khsusu Surakarta pada pukul 06.30 WIB. Semua siswa memulai tahfidz dan doa bersama-sama dipimpin oleh Ustad Haryadi. Sebelum pemberangkatan, tim guru mengecek kehadiran siswa serta barang-barang yang akan dibawa. Kemudian guru membacakan tata tertib yang akan dilaksanakan pada kegiatan PPL tersebut. 

Pukul 07.30 WIB siswa berangkat menaiki bis untuk menuju ke lokasi PPL yaitu yang pertama ke Holtimart dan setelah itu baru ke Chimory. Setelah siswa masuk ke dalam bis, siswa berdoa dengan dipimpin oleh Us. Diyah, dan bis rombongan PPL segera berangkat menuju tujuan yaitu ke Holtimart.

Sampai di lokasi Holtimart pada pukul 09.00 WIB, Siswa berbaris rapi dan menaiki mobil yang sudah disiapkan oleh pihak Holtimart yaitu 4 buah mobil terbuka yang masing-masing bisnya bisa dinaiki oleh 10-15 anak. Di Holtimart, siswa di perkenalkan oleh para Guide Holtimart beberapa tanaman yaitu: pohon durian, buah naga, mangga, kelengkeng, jeruk, kelapa, namun semua pohon tersebut baru berbuah kecil-kecil.

Di Holtimart, siswa diberikan penjelasan tentang nama-nama pohon ada durian Arjuna, durian Bima, mangga madu, dan lain-lainnya. Siswa diajak berkeliling perkebunan dengan jalanan yang berbukit sehingga siswa tidak merasa jenuh, serta siswa diajak untuk bertanya tentang bagaiman pengolahan pupuknya dan berbagai cara untuk merawat tanaman tersebut. Salah satunya adalah penyemprotan gamping pada daun tanaman supaya daun tersebut tidak terkena hama seperti semut maupun hewan parasit lainnya.

Pada jam 10.45 WIB rombongan PPL Kelas 2 SD Muhammadiyah Program Khusus Surakarta tiba di Chimory. Di Chimory siswa melakukan kegiatan out bond berupa memeras susu dan pembuatan yogurt yang enak dan sehat.

Ketika di Chimory disambut hangat oleh dua orang guide yang bernama Mr. Moo dan Miss. Mory. Mereka memberikan segelas yogurt dingin yang sangat enak dibagikan keseluruh siswa, agar siswa merasa segar kembali setelah perjalanan berkeliling di perkebunan di Holtimart. 

Kedua guide tersebut sangat baik dan komunikatif memberi semua informasi dan siswa sangat interaktif bertanya terkait dengan semua jenis-jenis sapi dan negara asal sapi tersebut, serta nama-nama daging sapi, dan juga bagaimana cara memerah susu sapi yang baik dan benar, karena sapi sangat sensitif terhadap seseorang yang memerah susunya, agar sapi tersebut tidak merasa kesakitan saat proses pemerahan.

Jam 11.15 WIB siswa di bawa ke ruangan untuk melihat video pembuatan yogurt yang enak dan lezat, dan praktek membuat milkshake.

Setelah para siswa menonton video tersebut, ada 2 siswa yang ditunjuk untuk membantu dalam pembuatan milkshake. Di mulai dengan mencampurkan berbagai bahan untuk membuat milkshake dengan cara di blander terlebih dahulu, kemudian milkshake tersebut dituangkan kedalam gelas satu persatu, kemudian disajikan kepada para siswa. 

Setelah semuanya mendapatkan milkshake rasa coklat yang telah dibuat bersama-sama, tibalah untuk para siswa berpamitan dengan Mr. Mooo dan Miss. Mory yang diwakilkan oleh Us. Ratna.




Comments :

0 comments to “ VISITING at HOLTIMART and CHIMORY ”


Post a Comment

Thanks for Your Comment!