Wednesday, January 16, 2013

Hidup Hebat Hemat




Gaya hidup hemat seharusnya menjadi acuan bagi kehidupan yang harus dijalani, berhemat bukan pelit namun hemat itu tahu dan mengerti akan batas-batas kemampuan dana atau keuangan yang ada.


Disini ada berbagai langkah dalam kegiatan berhemat yang bermanfaat: 

1.       Bijak pada penggunaan pemenuhan kebutuhan rumah tangga
Penggunaan berbagai kebutuhan rumah tangga memang tidak bisa kita hindari, dikarenakan sekarang ini kita sudah banyak menggunkan fasilitas electric modern, setiap hari kita menghabiskan banyak beban listrik pada kegiatan di rumah, seperti listrik pada air, AC, kulkas, TV, Komputer, maupun barang-barang elektronik yang lain, dengan begitu biaya akan menjadi semakin banyak dan apabila tidak bijak pada pengeluaran setiap bulan pemenuhan kebutuhan rumah tangga akan mengakibatkan beban keuangan menjadi lebih berat, belum lagi pengeluaran rekening kebersihan, keamanan, telekomunikasi, kesehatan, perawatan kendaraan, dan tentu juga kebutuhan perawatan bagi tubuh, sehingga bijak pada penggunaan kebutuhan rumah tangga akan mengakibatkan beban kehidupan menjadi lebih baik dengan cara berhemat sesuai kebutuhan.

2.       Pintar membedakan keinginan dan kebutuhan
Seharusnya dikehidupan ini harus selalu bisa berpikir “pintar membedakan keinginan dan kebutuhan”, jangan sampai semua keinginan terpenuhi tanpa mengindahkan aspek kebutuhan, jangan terlalu banyak membeli barang tanpa tahu arti penting kemanfaatannya.

3.       Hidup sederhana tanpa ada gengsi
Gengsi adalah pola kehidupan yang layak ditinggalkan karena akan mengakibatkan buta terhadap semua penggunaan dana atau bahkan tabungan yang ada sehingga kehidupan kelak menjadi tidak terkontrol. Seharusnya hidup sederhana itu dijadikan patokan karena akan tahu mana yang patut dipenuhi tanpa harus berlebih-lebihan dalam pemenuhan kebutuhan hidup

4.       Hindari sakit dengan olah raga rutin
Olah raga rutin memang menjadi hal yang asyik bila dicermati, karena ketika berolah raga jiwa menjadi fresh dan akan menjadikan tubuh tahan terhadap penyakit. Berolah ragalah di tanah terbuka, seperti taman kota, sehingga tidak hanya tubuh yang merasa segar namun juga mata menjadi segar, serta udara yang baik akan menjadikan saluran pernafasan akan menjadi lebih nyaman dan tentu saja, keuangan keluarga tidak habis untuk biaya kesehatan yang tidak perlu.
  
5.       Kurangi intensitas berbelanja secara berlebihan
Bagi ibu-ibu berbelanja memang kegiatan yang wajib dilakukan, karena bagaimanapun juga kebutuhan rumah tangga dengan berbelanja kebutuhan sehari-hari harus dilakukan dengan baik, boleh menunggu diskon akhir bulan atau ada event tertentu namun bukan lantas membeli segalanya dengan adanya diskon tersebut tanpa ada batasnya.

6.       Rekreasi yang tepat tanpa menghambur-hamburkan uang
Setelah penuh dan jenuh bekerja, sebaiknya lakukan rekreasi secara baik dengan datang di area terbuka seperti alam, menyusuri sungai, atau berkemah bersama-sama dengan anggota keluarga sehingga keharmonisan akan tetap terjaga dan tanpa menghambur-hamburkan dana atau keuangan keluarga.

Hemat haruslah cermat sehingga kehidupan menjadi hebat, bukan hebat punya segalanya namun tanpa tahu manfaat. 




Comments :

1

Post a Comment

Thanks for Your Comment!