Thursday, January 5, 2023

Pelaksanaan Kurrikulum Merdeka, Kelas Proyek Lokal Membatik di Kampung Kauman Solo.

            

Kesan segar, hangat, dan lokal sangat terpampang nyata di depan mata melihat, sebuah Kota kecil yang menjadi pusat Budaya Indonesia terkhusus bagi orang Jawa, dimana kalau tidak di Solo “the Spirit of Java”, sebuah kalimat semboyan yang sangat lekat ditelinga siapa pun orang yang telah menjejakkan kaki di pusat tanah Jawa.

Daya tarik Kota ini sangat khas, sebagai tujuan wisata di Jawa Tegah, Indonesia. Dengan keramah-tamahan penduduknya, siapapun akan enggan untuk pulang jika sudah berkunjung ke Kota Solo. Salah satunya di Kampung Kauman yang mana merupakan warisan aset Bangsa tapi juga aset Dunia, karena di sana banyak ditemukan aset-aset berupa alat-alat untuk membatik, kampung Batik Kauman terletak di Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah.

Kami 63 Siswa Kelas 1 bersama 6 Guru SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, berkunjung di salah satu rumah batik yang sangat bersahaja di Rumah Batik Gunawan Kauman. Ramah kami disambutnya, sangat asri banyak tumbuhan yang hijau dan tempatnya ada cafe depan rumah batiknya digunakan untuk sekedar minum-minuman yang sangat segar di tengah-tengah kota, ada kopi angkringan, teh spesial hasil racikan sendiri, maupun jahe gepuk yang hangat disajikan di malam hari.

Berikut kegiatan Kami selama di sana:







































































 

 

Comments :

0 comments to “ Pelaksanaan Kurrikulum Merdeka, Kelas Proyek Lokal Membatik di Kampung Kauman Solo. ”


Post a Comment

Thanks for Your Comment!