Saturday, December 19, 2009

Hindari Denda, Microsoft Bebaskan Pilihan Browser


Pengguna sistem operasi Microsoft Windows 7 di benua Eropa hari ini mendapatkan ‘kemerdekaannya.”

Mereka kini bebas memilih browser yang akan dipakai, tidak harus Internet Explorer. Begitulah kesepakatan Europen Union (EU) dengan Microsoft.

Beberapa bulan lalu, EU telah menekan Microsoft karena memaksakan penggunaan Internet Explorer pada para pengguna Windows 7 di Eropa. EU menginginkan Microsoft memberikan pilihan kepada pengguna tentang browser yang akan dipakainya.

Setelah melalui banyak perbincangan yang alot, kedua pihak akhirnya mencapai kesepakatan. EU akan membatalkan tuntutan antitrust-nya setelah Microsoft setuju untuk memberi para pembeli di Eropa pilihan browser lain yang jumlahnya mencapai 12.

Apa sebenarnya yang mereka sepakati? Dalam kesepakatan tersebut, denda tidak akan dijatuhkan pada Microsoft jika mereka menyediakan layar pop-up yang memungkinkan para kustomer Eropa mengganti IE atau menambahkan browser lain seperti Chrome, Safari, atau Firefox.


Microsoft tidak harus menerapkan perubahan itu sampai bulan Maret mendatang. Namun aksi ini akan memungkinkan para produsen PC di Eropa (dan bahkan mereka di luar Eropa yang memasukkan barang ke Eropa) untuk menjual PC tanpa browser Internet Explorer. Dan mungkin saja keputusan ini kelak juga berlaku di benua lain.

Sumber: http://tekno.kompas.com

Comments :

0 comments to “ Hindari Denda, Microsoft Bebaskan Pilihan Browser ”


Post a Comment

Thanks for Your Comment!