Tuesday, December 1, 2009

Alasan Pengemis

Seorang pengemis sedang memasak makananya di tepi jalan. Dia berusia sekitar empat puluh tahun dan ada seorang anak laki-laki berumur sekitar tujuh atau delapan tahun disisinya.

“Kamu seorang yang sehat. Kenapa kamu tidak mencari pekerjaan dari pada mengemis di jalan?” Tanya seseorang kepadanya.

“Itu karena Ibuku,” jawab pengemis itu.

“Kenapa?”

“Saya berasal dari keluarga kaya. Ayahku meninggal di usia yang sangat muda. Ketika saya masih kecil, kakekku memaksaku untuk belajar dan mempelajari beberapa kemampuan yang ber guna. Tetapi ibuku memanjakanku. Dia melarangku untuk belajar bekerja keras. Apapun yang saya inginkan, dia akan memberikanya sampai saya benar-benar puas. Pada akhirnya, pengetahuan saya sangat sedikit. Saya terjerumus dalam pergaulan yang buruk dan menghambur-hamburkan uangku. Istriku menceraikanku, meninggalkan anaknya. Tentunya saja saya ingin sebuah pekerjaan, tetapi saya tidak mempunyai pengetahuan dan tidak mempunyai keahlian. Siapa yang mau memperkerjakanku? Yang saya dapat lakukan adalah mengemis. Bukankah semua itu salah ibuku?”


Komentar: Bagaimanapun juga menyalahkan ibu, meskipun dengan berbagai bukti, tetap tidak menyelesaikan masalah; kamu tidak pernah terlalu tua untuk belajar. Konfusius berkata bahwa kesalahan yang sesungguhnya adalah berbuat salah dan tidak mau memperbaikinya.
click here to download

Comments :

1

pengemis g tau diri...
bisa2 menyalahkan ibunya,
m'ank dasar dy yang pemalas, koq malah menyalahkan ibunya...
G TAU DIRIIIIIIII................
PEMALAS...........

Nova Imoet said...
on 

Post a Comment

Thanks for Your Comment!